Rabu, 25 Maret 2015

Purworejo Diduga Miliki Lebih dari 10 Benteng Peninggalan Jepang

Purworejo Diduga Miliki Lebih dari 10 Benteng Peninggalan JepangSebanyak sembilan orang duta wisata Purworejo 2013 melakukan kunjungan ke benteng peninggalan Jepang di kecamatan Bagelen, Purworejo, Minggu (15/9/2013). Hal ini dilakukan selain untuk mengenal lebih dekat kondisi benteng, juga untuk mengangkat benteng menjadi obyek wisata Purworejo.
Dipandu oleh beberapa warga yang tergabung dalam Paguyuban Warga Bagelen (PWB), sembilan duta wisata yang biasa dikenal sebagai Bagus-Roro Purworejo mengunjungi lima benteng. Dalam perjalanannya, mereka didampingi oleh Kasi Sejarah dan Kepurbakalaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Drs Eko Riyanto. Karena itu, mereka tidak hanya sekedar berkunjung, tapi juga memahami sejarah dan peran benteng yang tersebar di perbukitan tersebut.
Eko Riyanto mengungkapkan, saat ini terdapat 10 benteng yang telah diketahui keberadaannya. Diperkirakan, masih banyak benteng lain yang masih terpendam selama berpuluh tahun. Untuk itu ia mengajak para Duta Wisata Purworejo tersebut agar mengangkat keberadaan benteng pendem. Dengan demikian masyarakat bisa mengenal dan pada akhirnya mengundang kepedulian semua pihak untuk ikut melestarikan.
Pemandu kegiatan, Sarwono dari PWB mengungkapkan, dalam eksplorasi yang dilakukan PWB, pihaknya berhasil menemukan posisi enam benteng. Sayangnya, beberapa benteng sangat sulit dicapai karena posisinya di perbukitan yang rimbun. Karena itu ia hanya mengajak para duta wisata mengunjungi benteng yang masih bisa dijangkau.
"Mungkin ini pertama kali para Bagus-Roro ikut kegiatan semacam ini. Harapannya, mereka bisa memperkenalkan keberadaan benteng bersejarah yang sangat berharga ini," katanya.
Sementara itu, Juara Bagus Purworejo 2013, Catur Setyawan (21) mengatakan, ia beserta delapan rekannya sangat antusias melihat peninggalan bersejarah di Purworejo. Menurutnya, Sebagai Duta wisata, mengenal obyek wisata yang ada di daerahnya sangatlah penting. Selain itu, mereka juga dituntut harus berkarya untuk memperkenalkan keberadaannya.
"Setelah kunjungan ini, kami ingin mendorong upaya pelestarian benteng yang sangat bersejarah ini. Keberadaan benteng-benteng tersebut sangat potensial untuk dikembangkan menjadi tujuan wisata," ujarnya.(*)




sumur : http://jogja.tribunnews.com/2013/09/16/purworejo-diduga-miliki-lebih-dari-10-goa-peninggalan-jepang
"Satrio Pinandito Sinisihan Wahyu"