Rabu, 25 Maret 2015

15 Travel Agent Malaysia Survey Obyek Wisata di Purworejo

15 Travel Agent Malaysia Survey Obyek Wisata di PurworejoSebanyak 15 travel agent dari Penang, Malaysia melakukan kunjungan ke Purworejo, Sabtu (18/1/2014). Mereka bermaksud melihat potensi pariwisata Purworejo yang bisa menjadi destinasi wisata baru untuk warga Malaysia yang ingin berlibur di Indonesia. Dua lokasi yaitu Curug Siklotok di desa Kaligono dan peternakan kambing Peranakan Ettawa di desa Tlogoguwo di kecamatan Kaligesing menjadi sasaran kunjungan.
Selain menikmati keindahan lanskap alam Kaligesing, para travel agent tersebut juga disuguh dengan kesenian asli Purworejo yaitu Tarian Dolalak. Tidak hanya itu, kedatangan mereka yang bertepatan dengan musim Durian dan Manggis membuat kedua buah itu menjadi sajian utama untuk menyambut tamu dari jiran.
Didampingi petugas dari Bidang Pariwisata Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan Pariwisata (Diskopperindagpar) Purworejo, belasan tamu tersebut menjelajah obyek wisata alam yang masih asli. Bahkan, mereka juga menjajal wahana Flying Fox yang belum lama ini dipasang di Curug Siklotok.
Ketika mengunjungi Curug Siklotok, mereka disambut tarian Dolalak yang ditarikan oleh grup Dolalak setempat. Setelah itu, rombongan harus berjalan kaki sedikitnya dua kilometer untuk mencapai curug Siklotok. Meski lelah, namun pemandangan indah membuat para pserta terpesona. Itulah yang diungkapkan oleh Mohd Lokman Laui dari Sheba Tour and Travel.
"Saya sudah mengunjungi banyak tempat, tapi wahana alam yang begitu lengkap seperti di sini rasanya cukup jarang. Di sini tidak hanya ada pemandangan pegunungan, tapi juga air terjun (Curug, red), sungai yang mengalir di bebatuan alam, dikombinasikan dengan buah yang segar dan tarian tradisional. Semuanya itu bagus," jelasnya.
Lokman mengatakan, kunjungan ke Purworejo ini membawa nuansa baru untuk kunjungan wisata. Selama ini ia hanya mengenal Bandung, Jakarta dan Yogyakarta saja. Namun tidak jauh dari Yogya ternyata ada lokasi wisata yang sedemikian bagus menurutnya.

"Tempat ini recommended sekali. Potensial untuk menjadi tempat pesiar alam," katanya.
Sementara itu, Kepala Bidang pariwisata Diskopperindagpar Purworejo, Lilos Anggorowati mengatakan, kunjungan para travel agent dari Malaysia ini diadakan untuk memerkenalkan potensi pariwisata Purworejo. Mereka sengaja diarahkan ke obyek wisata pegunungan.
"Mereka sengaja diarahkan ke Siklotok yang lokasinya berupa pegunungan. Karena, umumnya pantai telah menjadi sesuatu yang biasa. Obyek wisata spesifik yang dimiliki Purworejo misalnya curug dan peternakan Peranakan Ettawa ini bisa menjadi sesuatu yang baru untuk diperkenalkan," katanya.
Lilos mengatakan, ia berharap setelah kunjungan ini para travel agent tersebut bisa mulai melirik Purworejo sebagai destinasi wisata baru yang menarik selain Yogyakarta. Untuk itu, rombongan tersebut diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk menikmati apa yang ada.
"Ke depannya, kami berharap ada kesempatan untuk menjadikan Purworejo sebagai satu bagian dari kunjungan wisatawan asal negara tersebut," katanya.



sumur : http://jogja.tribunnews.com/2014/01/18/15-travel-agent-malaysia-survey-obyek-wisata-di-purworejo?page=2

"Satrio Pinandito Sinisihan Wahyu"