Selasa, 23 Juni 2015

1001 Falsafah Jawa dalam Kehidupan Bag. 7

“1001 Falsafah Jawa dalam Kehidupan” Bag. 7
Oleh: Nata Warga
76. %22Yitna Yuwana, Lena Kena%22 = Berhati-hati (sadar) akan selamat, lengah akan celaka.
76. “Yitna Yuwana, Lena Kena” = Berhati-hati (sadar) akan selamat, lengah akan celaka.

77. %22Da = Dumadining Dzat Kang Tanpa Winangenan%22 = Menerima hidup apa adanya (sejatinya).
77. “Da = Dumadining Dzat Kang Tanpa Winangenan” = Menerima hidup apa adanya (sejatinya).

78. %22Nggayuh Kaluhuran Lire Ngupaya Tataraning Urip Kang Luwih Dhuwur.%22 = Bersungguh memperoleh %22Keluhuran%22 merupakan usaha meraih tingkatan hidup lebih tinggi.
78. “Nggayuh Kaluhuran Lire Ngupaya Tataraning Urip Kang Luwih Dhuwur.” = Bersungguh memperoleh “Keluhuran” merupakan usaha meraih tingkatan hidup lebih tinggi.

79. %22Pa = Papan Kang Tanpa Ngadap%22 = Gusti Ada di mana saja.
79. “Pa = Papan Kang Tanpa Ngadap” = Gusti Ada di mana saja.

80. %22Tentrem Iku Sarananing Urip Ono Ndonyo.%22 = Rasa tentram:Bahagia merupakan syarat menjalani hidup di dunia.
80. “Tentrem Iku Sarananing Urip Ono Ndonyo.” = Rasa tentram/Bahagia merupakan syarat menjalani hidup di dunia.

81. %22Cirine Jiwa Kang Isih Kothong Mono Bisa Dititik Saka Ulat Praupan, Tutur Wicara, Lan Tingkah Lakune Kang Ora Gelem Kalah%22 = Cirinya jiwa yang masih kosong terlihat dari raut wajah, cara bicaranya, dan tingkah laku yang tidak mau kalah.
81. “Cirine Jiwa Kang Isih Kothong Mono Bisa Dititik Saka Ulat Praupan, Tutur Wicara, Lan Tingkah Lakune Kang Ora Gelem Kalah” = Cirinya jiwa yang masih kosong terlihat dari raut wajah, cara bicaranya, dan tingkah laku yang tidak mau kalah.

82. %22Samadhi Kudu Tanpa Gegayuhan, Dhasar Premati Tumraping manungsa Yaiku Kawruh Iku Kelakone Kanti Laku%22 = Meditasi harus tanpa motif, dasar utama bagi manusia hanyalah mengerti diwujudkan dengan melakukan.
82. “Samadhi Kudu Tanpa Gegayuhan, Dhasar Premati Tumraping manungsa Yaiku Kawruh Iku Kelakone Kanti Laku” = Meditasi harus tanpa motif, dasar utama bagi manusia hanyalah mengerti diwujudkan dengan melakukan.

83. %22Ma- Madep Mantap Menembah Mring Gusti%22 = Yakin dalam menyembah kepada Gusti.
83. “Ma- Madep Mantap Menembah Mring Gusti” = Yakin dalam menyembah kepada Gusti.

84. %22Curiga Manjing Warangka, Warangka Manjing Curiga%22 = Kesatuan ukuran melahirkan Kemanunggalan.
84. “Curiga Manjing Warangka, Warangka Manjing Curiga” = Kesatuan ukuran melahirkan Kemanunggalan.

85. %22Ngudi Laku Utama Kanthi Sentoso Ing Budi%22 = Menghayati Perilaku Mulia dengan budi (Kawruh) pekerti luhur.
85. “Ngudi Laku Utama Kanthi Sentoso Ing Budi” = Menghayati Perilaku Mulia dengan budi (Kawruh) pekerti luhur.

86. %22Nacad Alaning Wong Iku Gampang Banget, Siji Mangkane Loro Mangkono, Nanging Anggunggung Cacade Dhewe Adate Ora Kober%22 = Mencela amatlah mudah, satu begini dua begitu, namun cacat sendiri tak sempat menghitung.
86. “Nacad Alaning Wong Iku Gampang Banget, Siji Mangkane Loro Mangkono, Nanging Anggunggung Cacade Dhewe Adate Ora Kober” = Mencela amatlah mudah, satu begini dua begitu, namun cacat sendiri tak sempat menghitung.

87. %22Ora Ana Barang Langgeng, Mung Kabecikan Kang Ora Bisa Sirna%22 = Tak ada satu materi pun yang kekal, hanya Kebenaran yang tak pernah sirna.
87. “Ora Ana Barang Langgeng, Mung Kabecikan Kang Ora Bisa Sirna” = Tak ada satu materi pun yang kekal, hanya Kebenaran yang tak pernah sirna.

88. %22Na- Nur Candra, Gaib Candra, Warsitaning Candara%22 = Pengharapan manusia selalu kepada Ilahi.
88. “Na- Nur Candra, Gaib Candra, Warsitaning Candara” = Pengharapan manusia selalu kepada Ilahi.

89. %22Wong Eling Lan Waspada Iku Kendhit Mimang Kadang Dewa%22 = Orang yang penuh %22kesadaran%22 (sadar dan amati) itu jauh dari bahaya dan penuh dengan berkah.
89. “Wong Eling Lan Waspada Iku Kendhit Mimang Kadang Dewa” = Orang yang penuh “kesadaran” (sadar dan amati) itu jauh dari bahaya dan penuh dengan berkah.

90. %22Kawuri Pangertine Hyang, Taduhira Sastra Ingsun%22 = Memusatnya %22diri%22 ada pada Hyang, petunjuknya ada di kitab diri.
90. “Kawuri Pangertine Hyang, Taduhira Sastra Ingsun” = Memusatnya “diri” ada pada Hyang, petunjuknya ada di kitab diri.

91. %22Ta- Tatas, Tutus, Titis, Titi Lan Wibawa%22 = Mendasar, totalitas, satu visi, ketelitian dalam memandang hidup.
91. “Ta- Tatas, Tutus, Titis, Titi Lan Wibawa” = Mendasar, totalitas, satu visi, ketelitian dalam memandang hidup.

92. %22Beras Wutah Arang Bali Menyang Takane%22 = Barang (prilaku) yang telah rusak sulit dapat kembali seperti asli.
92. “Beras Wutah Arang Bali Menyang Takane” = Barang (prilaku) yang telah rusak sulit dapat kembali seperti asli.


93. %22Ojo Ngubak-Ubak Banyu Bening%22 = Jangan mengotori (perbuatan tidak benar) di tempat:keberadaan yang damai tentram.
93. “Ojo Ngubak-Ubak Banyu Bening” = Jangan mengotori (perbuatan tidak benar) di tempat/keberadaan yang damai tentram.

94. %22Ojo Sok Ngresula. Wruhna Yen Pangresula Iku Sawijining Mala, Dene Panbggresah Mono Agawe Bubrah%22 = Jangan suka berkeluh kesah. Karena itu bahaya yang menghadirkan malapetaka.
94. “Ojo Sok Ngresula. Wruhna Yen Pangresula Iku Sawijining Mala, Dene Panbggresah Mono Agawe Bubrah” = Jangan suka berkeluh kesah. Karena itu bahaya yang menghadirkan malapetaka.

95. %22Nikmat Rasane Ing Ati, Ati Pan Ratuning Badan, Badan Iku Sejatine, Pan Iku Ingaran Pikir%22 = Nikmat rasanya dalam hati (perasaan), hati itu rajanya badan, badan itu sebenarnya hasil kerjanya pikiran.
95. “Nikmat Rasane Ing Ati, Ati Pan Ratuning Badan, Badan Iku Sejatine, Pan Iku Ingaran Pikir” = Nikmat rasanya dalam hati (perasaan), hati itu rajanya badan, badan itu sebenarnya hasil kerjanya pikiran. 

96. %22Ana Papan Ingkang Tanpa Tulis, Wujud Napi Artine Punika, Sampyuh Ing Solah Semune, Nir Asma Kawuleku, Mapan Jati Rasa Sejati%22 = Ada tempat tak tertulis, kosong mutlak dalam lenyap segala gerak dan semu, tak ada aku karena masuk ke dalam inti r...
96. “Ana Papan Ingkang Tanpa Tulis, Wujud Napi Artine Punika, Sampyuh Ing Solah Semune, Nir Asma Kawuleku, Mapan Jati Rasa Sejati” = Ada tempat tak tertulis, kosong mutlak dalam lenyap segala gerak dan semu, tak ada aku karena masuk ke dalam inti rasa sejati.

97. %22Wanita Iku Kusuma Wicitra%22 = Perempuan itu Harum dirinya dari berbuat baik, menjaga kehormatan, dan kesucian diri.
97. “Wanita Iku Kusuma Wicitra” = Perempuan itu Harum dirinya dari berbuat baik, menjaga kehormatan, dan kesucian diri.

98. %22Wong Lanang Kuwi Kudhu Nduwe Aji%22 = Laki-laki harus memiliki kehormatan.
98. “Wong Lanang Kuwi Kudhu Nduwe Aji” = Laki-laki harus memiliki kehormatan.

99. %22Tegese Meneng Amangun Ening, Ananira Manuksma Ing Rasa, Rasa Karsa Sejatine, Iku Suksmaning Laut%22 = Arti diam melaksanakan hening, keadaanmu tercerap dalam Rasa, rasa kemauan sejati, itulah sukma laut (tirtha amerta).
99. “Tegese Meneng Amangun Ening, Ananira Manuksma Ing Rasa, Rasa Karsa Sejatine, Iku Suksmaning Laut” = Arti diam melaksanakan hening, keadaanmu tercerap dalam Rasa, rasa kemauan sejati, itulah sukma laut (tirtha amerta).

100. %22Ratu Guna Maletik Tunggal, Tata Karya Titisan Dewa, Wayang Magana Rupaning Janma%22 = Raja yang memecikan sesuatu, laku teratur (benar) jelmaan dewa, bayangan berwujud jadi manusia.
100. “Ratu Guna Maletik Tunggal, Tata Karya Titisan Dewa, Wayang Magana Rupaning Janma” = Raja yang memecikan sesuatu, laku teratur (benar) jelmaan dewa, bayangan berwujud jadi manusia.

Semoga Bermanfaat…
Berkah Dalem Gusti.
"Satrio Pinandito Sinisihan Wahyu"