Rabu, 22 April 2015

Ibu Memancing, Bapak Sibuk Memasak

Ibu Memancing, Bapak Sibuk MemasakKegiatan memancing di kolam lumrahnya dilakukan oleh kaum laki-laki. Namun yang terjadi di kolam lele di Kecamatan Kutoarjo ini terbilang unik. Ibu-ibu yang berdandan cantik menggunakan kebaya terlihat asyik memancing. Sedangkan kaum laki-laki justru memasak hasil pancingan ibu-ibu di dapur sementara yang disediakan panitia.
Kegiatan ibu-ibu memancing ini digelar oleh UPT Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kecamatan Kutoarjo dalam rangka memperingati Hari Kartini yang diikuti seluruh ibu-ibu di lingkungan UPT Disdikbudpora Kecamatan Kutoarjo.
Kegiatan semakin semarak, ketika peserta yang terbagi atas beberapa kelompok perempuan yang setiap kelompok terdiri dari 8 perempuan ini beradu cepat untuk mendapatkan hasil pancingan lele yang paling banyak. Sementara kaum perempuan mencari ikan di kolam, kaum pria dengan sigap menyiapkan bumbu-bumbu untuk nantinya memasak ikan hasil pancingan itu di dapur.
“Bagi ibu-ibu kita gelar lomba memancing, sementara bagi bapak- bapak kita gelar lomba memasak ikan lele hasil pancingan dari ibu-ibu sebelumnya,” kata Ngadino M.Pd, Kepala UPT Disdikbudpora Kecamatan Kutoarjo, Rabu (22/04/2015).
Terpisah, Ketua Panitia kegiatan Uji Priyantono S.Pd, yang juga sebagai penilik PAUD di UPTD Kutoarjo mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan kebersamaan yang kuat antara laki- laki dan perempuan dalam melaksanakan tugas sesuai kodratnya masing-masing.
“Konsep dan tujuannya untuk mengenang RA kartini, dengan bukunya Habis Gelap Terbitlah Terang, sebagai sosok perempuan yang memperjuangkan kaum perempuan,” pungkasnya.


sumur : http://www.sorotpurworejo.com
"Satrio Pinandito Sinisihan Wahyu"