Senin, 10 Maret 2014

Saat Pasir Pantai Menjadi Simbol Harapan Keajaiban Pesawat MAS


 


Sudersan Pattnaik dan karyanya (Foto: AFP)
Jakarta - Hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 membuat banyak pihak berharap-harap cemas. Semua orang berdoa dan berharap keajaiban akan terjadi pada 239 orang yang berada di dalamnya pesawat tersebut.

Seorang seniman pasir asal India membuat sebuah karya yang menggambarkan doanya untuk keselamatan seluruh penumpang. Pria bernama Sudersan Pattnaik membuat patung pasir di sebuah pantai berpasir putih.

Seperti terlihat dari sebuah foto yang dijepret oleh wartawan AFP, Sundersan membuat karya berupa sebuah miniatur pesawat lengkap dengan logo dan tulisan Malaysia Airlines yang diberi warna biru dan merah seperti aslinya.

Tak hanya itu, dia mengukir pasir sehingga membentuk patung wajah manusia dari gundukan-gundukan pasir. Tepat di bawahnya, dia menuliskan pesan 'Pray God. Miracles do Happen' yang diberi warna merah dan biru.

Sudersan merupakan seniman pasir yang sudah banyak meraih penghargaan internasional. Salah satunya memenangkan medali emas di Saint Peters Burg di ajang Kompetisi Patung Pasir Internasional di Rusia pada tahun 2013.

Begitu banyak karyanya yang banyak bertema kemanusiaan dan perdamaian. Pria kelahiran tahun 1977 ini sudah mulai membuat patung dari pasir sejak berusia 7 tahun.

Sudersan kecil hidup dalam kemiskinan dan jauh dalam pendidikan. Namun, kehidupan sederhananya yang dekat dengan pantai menjadikannya seniman pasir yang hebat dan diakui dunia.
"Satrio Pinandito Sinisihan Wahyu"