Senin, 11 September 2017

6 Cara Mempromosikan Produk Secara Efektif

Cara Mempromosikan Produk Secara Efektif

Memiliki produk baru namun bingung bagaimana mempromosikannya? Atau sudah memiliki produk sejak lama namun belum juga banyak pelanggan yang datang dan membeli?
Memang sangat perlu strategi bisnis yang tepat untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis, maka strategi promosi produk serta pemasaran produk haruslah tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis. Meraih target penjualan sangat penting, dan menempatkan brand awareness ke dalam pasar juga penting.
Berikut ini ada beberapa cara mempromosikan produk secara efektif;

1. Promosi produk lewat Sosial Media

Gunakan sosial media untuk mempromosikan produk, didalam era serba digital ini, media sosial memegang peranan penting untuk promosi produk. Melalui sosial media seperti facebook dan twitter, promosi bisa dilakukan dengan memperkenalkan produk juga brand kepada khalayak luas. Bangun data yang sesuai dengan target pasar dan lakukan pendekatan (engagement) lebih dekat kepada mereka.

2. Bagikan Produk untuk coba gratis

Bagikan produk sesuai sasaran
Ilustrasi
Siapa yang tidak suka produk gratis? Hampir setiap orang menyukainya. Maka tidak ada salahnya membagikan produk kepada calon pelanggan Anda secara gratis. Layanan ini perlu dilakukan dengan intensitas yang rutin agar calon pelanggan benar-benar menangkap serta menerima produk baru kita.

3. Mendata Pelanggan

cara mempromosikan produk
Mengumpulkan data pelanggan merupakan kegiatan yang direkomendasikan. Pada saat proses perkenalan produk ataupun penjualan berlangsung, pastikan Anda mendapatkan data pelanggan sesuai dengan kebutuhan Anda sehingga akan berguna untuk strategi promosi maupun rencana perusahaan berikutnya.

4. Insentif pada yang merekomendasikan

Berikan insentif bagi pelanggan setia Anda yang memberikan rekomendasi kepada calon pelanggan lainnya untuk menggunakan produk dari brand yang Anda pasarkan. Insentif dapat diberikan dalam wujud yang berbeda, seperti kupon diskon, sejumlah uang, atau produk Anda sendiri. Dengan cara tersebut, pelanggan setia Anda akan terus menggunakan dan semakin semangat untuk merekomendasikan produk Anda. Hal itu tentunya merupakan salah satu strategi promosi yang jitu!

5. Survey atas pembelian untuk data pasar

Untuk meningkatkan kualitas produk yang dipasarkan dan juga pelayanannya, maka ada baiknya bagi Anda untuk melakukan survey pada setiap pelanggan setelah penjualan. Anda bisa melakukannya di tempat, melalui telepon maupun melalui email. Tetunya strategi promosi berbentuk survey ini mempermudah pelanggan untuk menyampaikan baik pujian maupun keluhan tentang produk yang digunakan/dikonsumsi.

6. Promosikan produk melalui web marketplace

Bergabunglah dengan situs-situs pemasaran baik yang gratis maupun berbayar, di Indonesia sudah banyak bermunculan situs pasar yang besar dan berkembang dengan baik. Anda bisa bergabung dengan Tokopedia, Bukalapak maupun lainnya. Khusus untuk kerajinan, Anda bisa bergabung di situs peluang usaha khusus kerajinan www.kerajinan.id.
Usahakan juga lakukan ulasan produk yang dihubungkan (linked) dengan produk yang kita jual, satu situs web yang memberikan kesempatan untuk pemasaran melalui ulasan adalah KerajinanIndonesia.com. Anda bisa menuliskan ulasan produk dan dibebaskan memberi Link ke toko online Anda sendiri atau ke Kerajinan.ID

Itulah beberapa cara mempromosikan produk secara efektif. Menarik bukan? Patut untuk segera dicoba.
Namun sebelum masuk ke cara mempromosikan produk tersebut, perlu juga untuk dipersiapkan branding dari produk dan perusahaan kita. Beberapa hal yang perlu dibangun sebelum melangkah ke promosi produk adalah sebagai berikut; Membangun situs web, Membuat logo produk dan perusahaan dan peralatan teknologi lain yang membantu mempermudah pemasaran di masa depan.
Bagaimana menurut Anda? Yuk mulai..













http://www.kikasyafii.com/cara-mempromosikan-produk-secara-efektif/
"Satrio Pinandito Sinisihan Wahyu"